• TAMAN PURBAKALA

    TAMAN PURBAKALA CIPARI

    Taman Purbakala Cipari merupakan satu area situs peninggalan purbakala yang terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.
    Taman ini dibuka secara resmi untuk umum pada tanggal 23 Februari 1978. Ditemukannya Situs purbakala ini bermula dari ketidaksengajaan yang ditemukan oleh petani desa tersebut yang terjadi pada tahun 1971.
    Dari ketidaksengajaan tersebut ditemukanlah sejenis Batu Lebar. Lalu Pada tahun 1972 benda purbakala lainnya kembali ditemukan yaitu Peti Kubur Batu. Sampai saat ini Peti Kubur Batu tersebut masih berada di tempat asalnya.
    Setelah diketahui terdapatnya benda-benda purbakala yang tersebar dibeberapa titik di area Taman Purbakala Cipari ini maka pada tahun 1975 dilakukanlah penggalian secara total.
    Dari penggalian tersebut ditemukanlah beberapa benda peninggalan seperti Peti Kubur Batu, ditemukannya monumen-monumen lain seperti Altar Batu, ditemukannya Batu Dolmen dan beberapa temuan lainnya.
    Menurut penelitian Situs Purbakala Cipari merupakan peninggalan peradaban manusia yang diperkirakan terjadi sekitar tahun 1000 – 1500 sebelum masehi. Dimana menurut penelitian tersebut peradaban tersebut mengalami dua masa peralihan.
    Adanya dugaan telah terjadinya peradaban berangkat dari adanya bukti peninggalan seperti Altar Batu yang di fungsikan sebagai tempat untuk acara ritual ibadah, adanya Batu Dolmen yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan sesaji serta terdapatnya Lumpang Batu dan Batu Dakon yang fungsinya sebagai peracik dan penumbuk obat – obatan.
    Pada awal tahun 2014 pernah diadakan penggalian kembali dengan luas lahan 7000 M², penggalian 2500 M² dengan tinggi 661 M² di atas permukaan air laut. Dari hasil penggalian tersebut ditemukanlah beberapa artefak lain seperti alat makan dan lain – lain.
    “Hingga kini koleksi temuan untuk kapak Batu Kalasedon ada empat puluh sembilan dan gelang ada sepuluh, sedangkan dari bahan perunggu kapak ada sembilan dan gelang ada satu. Sampai saat ini temuan benda-benda masih sering ditemukan warga, terutama yang lokasinya di Gunung Pucuk anak Gunung Ciremai,” ujar Suma.
    Selain dari situs purbakala di Taman Purbakala Cipari ini terdapat pula Rumah Adat Sunda sebagai upaya pelestarian cagar budaya.
    Beberapa fasilitas yang terdapat di Taman Purbakala Cipari ini adalah mushola, toilet, area parkir dan gazebo.
    Buka setiap hari mulai pukul 07:30 sampai pukul 16:00 kecuali hari Jumat taman wisata ini tutup pada pukul 16:30. Untuk harga tiketnya sendiri cukup murah yaitu dewasa : Rp. 2.000 sedangkan untuk anak-anak hanya Rp. 1000.
    Taman purbakala yang terletak diketinggian 661 mdpl ini cukup dekat dengan pusat kota Kuningan yang hanya berjarak 4 km. Sedangkan jarak dari kota Cirebon sejauh 35 km.
    Untuk akses serta infrastrutur jalan sudah cukup baik, dan bisa dilalui untuk beragam kendaraan.

    Sumber : Dikuningan.com
  • You might also like

    1 komentar:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

OBYEK WISATA CIPANAS SUBANG

CIPANAS SUBANG Obyek Wisata Cipanas Subang  adalah salah satu wisata pemandian air panas yang berada di Kuningan, tepatnya di Kecam...