• OBYEK WISATA CIPANAS SUBANG

    CIPANAS SUBANG


    Obyek Wisata Cipanas Subang adalah salah satu wisata pemandian air panas yang berada di Kuningan, tepatnya di Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata ini mungkin cukup jauh dari Kota Kuningan, yaitu sekitar 40km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.
    Meskipun jarak tempuh cukup jauh namun Obyek Wisata Pemandian Air Panas Subang ini sangat sayang jika dilewatkan sebagi destinasi kunjungan rekreasi. Karena memang tempat wisata di Kuningan ini menawarkan sensasi kenyamanan bagi para pengunjung.
    Tiket masuk Obyek Wisata Cipanas Subang relatif murah yaitu hanya Rp. 5.000 untuk dewasa sedangkan Rp. 2.500 untuk anak-anak. Karena air panas di Obyek Wisata Cipanas Subang ini bersumber dari mata air alami, sehingga tak sedikit dari para pengunjung yang memanfaatkan khasiat air panas di Cipanas Subang untuk pengobatan penyakit kulit.
    Untuk terapi pengobatan kulit ini sendiri terdapat satu kolam khusus. Kolam ini terdapat di bagian hulu, sekitar belasan meter dari kolam pemandian biasa. Beberapa khasiat dari air panas di Obyek Wisata Cipanas Subang ini yaitu gatal-gatal, kudis, dsb.
    Tidak jauh dari kolam pemandian, terdapat satu daya tarik lain yaitu Curug Parakan Panjang. Kolam-kolam yang ada di Obyek Wisata Cipanas Subang ini terdapat 3 kolam, diantaranya yaitu untuk anak-anak, dewasa dan untuk pengobatan. Obyek Wisata Cipanas Subang buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi hingga setengah 6 sore.
    Meskipun tempatnya yang tidak terlalu dekat dengan pusat perkotaan, namun Obyek Wisata Cipanas Subang ini cukup dikenal oleh para pengunjung, terbukti para pengunjung berasal dari berbagai kota, mulai dari Majalengka, Cirebon, Bandung, Ciamis, dsb.
    Selain daya tarik dari sisi pariwisatanya, Obyek Wisata Cipanas Subang menyimpan satu legenda masyarakat sekitar.
    Dongeng ini berawal dari Ki Ampuh Jaya. Pada zaman dahulu banyak orang yang berdatangan menghadap Ki Ampuh Jaya guna meminta dibuatkannya beberapa perkakas untuk berbagai keperluan, seperti berladang, bertani bahkan untuk senjata pribadi.
    Sebelum permintaan itu dipenuhi oleh Ki Ampuh Jaya, persayaratan dari Ki Ampuh Jaya harus terlebih dahulu dipenuhi, syaratnya yaitu orang yang ingin dibuatkan perkakas harus membawa bahan seperti besi atau baja. Lalu bahan tersebut diletakkan diatas batu dan dibungkus dengan sehelai kain putih.
    Setelah itu barang yang dibungkus tadi bisa dibawa keesokan harinya. Ki Ampuh Jaya biasa mengerjakan banyak sekali perkakas hanya dalam satu malam saja.
    Karena Kemampuan Ki Ampuh Jaya sampailah informasi tersebut pada orang sakti asal Subang. Orang sakti asal Subang tersebut akhirnya menguji kesaktian Ki Ampuh Jaya denga cara membuat suatu tipuan. Orang sakti tersebut mencoba untuk dibuatkan pedang dengan membawa bahan.
    Lalu diletakkanlah bahan tersebut pada sebuah batu dengan dibungkus sehelai kain putih. Setelah orang sakti tersebut berpamitan pada Ki Ampuh Jaya dan berjanji akan kembali besok.
    Ki Ampuh Jaya kaget ketika membuka helaian kain putih yang dibawa oleh orang sakti asal Subang tersebut, karena isinya bukan besi atau baja, namun hanya sebongkah rebung muda yang masih penuh dengan tanah. Ki Ampuh Jaya marah lalu menancapkan rebung tersebut ke batu yang berada di dinding Sungai Citiis hingga batu itu terbelah dan mengeluarkan air panas yang mengalir deras.
    Setelahnya Ki Ampuh Jaya berujar dan bersumpah “Barangsiapa orang yang ingin sembuh penyakit kulitnya basuhlah dengan air dari mata air panas ini, niscaya akan diberikan manfaatnya, terkecuali orang dari Desa Subang ”. Begitu lah dongeng asal muasal dari terbentuknya air panas di Cipanas Subang ini.
    Selain daya tarik yang dimiliki Obyek Wisata Cipanas Subang serta mitos yang dimilikinya, beberapa fasilitas yang dimiliki Obyek Wisata Cipanas Subang ini cukup beragam mulai dari mushola, toilet, gazebo, warung dan penginapan.
    Untuk penginapan sendiri sebetulnya ditujukan untuk para pengujung yang berobat, total dari penginapan ini yaitu 4 kamar. Didalam kamar tersebut terdapat tikar bantal. Untuk harga penginapan dikenakan tarif Rp. 50.000/malam.
    Rute untuk sampai ke lokasi obyek wisata di kuningan ini yaitu
    Rute dari Kuningan – Kec. Kuningan – Jln. Jenderal Soedirman – Taman Kota – Jln. Veteran – Jln. Cipasung – Cantilan –  Jln. Ciberung – Selajambe – Desa Subang (Pemandian Air Panas).
    Beragam daya tarik yang dimiliki obyek wisata ini mulai dari kolam pemandian air panas, khasiat air yang bisa menjadi obat berbagai penyakit kulit, curug yang indah, dan beragam fasilitasnya tentu berkunjung ke Obyek Wisata Cipanas Subang ini sangat wajib untuk dikunjungi.

    Sumber : Dikuningan.com
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

OBYEK WISATA CIPANAS SUBANG

CIPANAS SUBANG Obyek Wisata Cipanas Subang  adalah salah satu wisata pemandian air panas yang berada di Kuningan, tepatnya di Kecam...